A. Kata Kerja Operasional dalam Menyusun  Indikator
Kemampuan mengingat kembali materi pelajaran yang pernah dipelajari sebelumnya.
Kata Oprasional:
• Define (mendefiniskan….)
• Identify (mengidentifikasi…..)
• List (menyusun daftar…..)
• Name (menyebut nama…..)
• Recall (mengulang, mengingat….)
• Recognize (memperhatikan…..)
• Record (mengulang sebagaimana aslinya….)
• Relate (menghubungkan……)
• Repeat (mengulang…..)
• Underline (menggaris bawahi…..)
Kemampuan memahami makna, menerangkan, menyatakan kembali suatu gagasan.
Kata operasional
• Choose (memilih….)
• Cite examples of ( menentukan contoh…)
• Demonstrate use of (mendemonstrasikan penggunaan…..)
• Describe (menggambarkan…)
• Determine (menentukan…)
• Differentiate between (membedakan…)
• Discuss (mediskusikan….)
• Explain (menerangkan…)
• Express (mengekspresikan….)
• Give in own words (menyatakan dengan kata-kata sendiri….)
• Identify (mengidentifikasikan….)
• Interpret (menginterpretasikan….)
• Locate (menentukan lokasi….)
• Pick (mematikan batas…..)
• Report (melaporkan….)
• Review (memperhatikan ulang…..)
• Select (menseleksi….)
• Tell (menceritakan….)
• Translate (menerjemahkan…)
• Respond (merespon….)
• Simulates (mensimulasikan….)
Keterampilan menggunakan materi yang dipelajari dalam keadaan yang berbeda.
• Apply (menerapkan…..)
• Demonstrate (mendemonstrasikan penerapan…..)
• Dramatize (madramatisasi….)
• Employ (mengerjakan…)
• Generalize (menggenaralisasikan…)
• Illustrate (menyusun ilustrasi…)
• Interpret ( menginterpretasikan….)
• Operate (mengoperasikan….)
• Practice (mempraktekan…)
• Relate (mengubungkan…)
• Schedule (menjadwalkan…)
• Use (menggunakan….)
• Utilize (mempergunakan alat….)
• Initiate (menginisiasi…)
Kemampuan menguraikan materi dalam berbagai komponen atau bagian yang satu sama lain masih dalam satu kesatuan)
• Analyze (menganalisis……)
• Appraise (menilai…)
• Calculate ( memperhitungkan….)
• Categorize (mengkategorikan…)
• Compare (membandingkan….)
• Conclude (menyimpulkan ….)
• Contrast (mengkontraskan…menjadi lebih…)
• Correlate (menghubungkan….)
• Criticize (mengkritisi….)
• Deduce (menarik kesimpulan…)
• Debate (melihat kelemahan/keunggulan…)
• Detect (mendeteksi….)
• Determine (menentukan….)
• Develop (mengembangkan ….)
• Diagram (mendiagramkan…..)
• Differentiate (menentukan ciri pembeda…..)
• Draw conclusions (menggambarkan kesimpulan….)
• Estimate (memperkirakan….)
• Evaluate (mengevaluasi…..)
• Examine (menguji………)
• Experiment (bereksperimen mengenai…)
• Identify (mengenali …)
• Infer (menyimpulkan….)
• Inspect (memeriksa…)
• Inventory (menemukan….)
• Predict (memperkirakan…..)
• Question (mempertanyakan….)
• Relate (menghubungkan….)
• Solve (memecahkan ….)
• Test (menguji….)
• Diagnose (mendiagonis…..)
Kemampuan  untuk meletakan banyak ide yang tersebar ke dalam satu kesatuan baru,  mengembangkan model hubungan yang baru satu sama lain)
• Arrange (menyusun….)
• Assemble (menerapkan komponen…)
• Collect (menghimpun…)
• Compose (mengarang….)
• Construct (membangun….)
• Create (meperbaharui…)
• Design (mendisain….)
• Develop (menghasilkan….)
• Formulate (memformulasikan….)
• Manage (mengelola…)
• Modify (memodifikasi…)
• Organize (mengorganisasikan….)
• Plan (merencanakan…)
• Prepare (menyiapkan…)
• Produce (membuat….)
• Propose (mengusulkan…)
• Predict (merumuskan prediksi mengenai…)
• Reconstruct (menyusun ulang…)
• Set-up (menyediakan….)
• Synthesize (mensitesiskan….)
• Systematize (mensistematiskan…)
• Devise (merencanakan kegiatan…)
Kemampuan menimbang nilai sesuatu diukur dengan kriteria atau persyaratan)
• Appraise (menilai…)
• Assess (menaksir…)
• Choose (memilih…)
• Compare (membandingkan….)
• Critique (mengkritisi…)
• Estimate (memperkirakan…)
• Evaluate (mengevaluasi….)
• Judge (menetapkan keputusan…..memutuskan….)
• Measure (mengukur….)
• Rate (menilai…)
• Revise (merevisi….)
• Score (memberi nilai…)
• Select (menyeleksi…)
• Validate (memvalidasi…)
• Value (menentukan harga….)
Contoh Kata Kerja Operasional
melafalkan 
membaca 
membedakan 
membuat
menafsirkan 
menceritakan 
mendefinisikan 
mendemonstrasikan 
mendeskripsikan 
menentukan 
menerapkan 
menerjemahkan 
menganalisis
mengenal 
mengevaluasi
menggambarkan
menggunakan 
menghitung 
mengidentifikasikan 
mengkonstruksikan 
mengucapkan 
mensintesis
menunjukkan 
menyelesaikan
menyimpulkan 
menyusun 
merumuskan
melakukan
membedakan 
membuat
membuktikan
menafsirkan 
mendefinisikan 
mendemonstrasikan 
mendeskripsikan 
menentukan 
menerapkan 
menganalisis
mengevaluasi
menggambarkan
menggunakan 
menghitung 
mengidentifikasikan 
mengkonstruksikan 
mengucapkan 
mensintesis
menunjukkan 
menyelesaikan
menyimpulkan 
menyusun 
Contoh Kata Kerja Operaasional Dalam Menyusun Indikator Mata Pelajaran IPA
berargumentasi
melaksanakan
melakukan
memadukan
memajang
memantau
memasang
membaca
membangun
membedah
membongkar
memecahkan
mempertahankan
mempraktikkan
mempresentasikan
mencari
mencatat
mendokumentasi
meneliti mengamati
menggabungkan
menggali
mengkritisi
mengobservasi
mengomentari
menghubungkan
mengikuti
mengubah
mengujicoba
menonton
merakit
merangkum
merancang
merangkai
merumuskan
merunut
melakukan
membedakan 
membuat
membuktikan
menafsirkan 
mendefinisikan 
mendemonstrasikan 
mendeskripsikan 
menentukan 
menerapkan 
menganalisis
mengevaluasi
menggambarkan
menggunakan 
menghitung 
mengidentifikasikan 
mengkonstruksikan 
mengucapkan 
mensintesis
menunjukkan 
menyelesaikan
menyimpulkan 
menyusun 
Contoh kata Kerja Operasional Dalam menyusun Indikator Seni Budaya
mendeskripsikan
mengapresiasi
mengidentifikasi 
mengkreasi 
menceritakan 
mendefinisikan 
menyusun 
menerapkan
menampilkan
menggunakan
membuat 
membedakan
mengaransir 
membandingkan
melaksanakan 
mendemonstrasikan
menyimpulkan 
menggubah
menentukan
membawakan
menuliskan 
menyimulasikan
memainkan 
merekonstruksi
memperagakan 
menyanyikan 
menyajikan 
melagukan
merencanakan 
mementaskan
memajang
melakonkan
menata 
memamerkan
menggelarkan 
menunjukkan
menyiapkan 
mengonstruksikan
mengekspresikan 
B. Jenis-jenis Tes dalam Penilaian Pembelajaran 
Ada  sejumlah alat/instrumen yang dapat digunakan untuk melakukan dalam  penilaian pembelajaran Bahasa Indonesia, secara garis besar digolongkar 2  macam, yaitu non tes (bukan tes) dan tes. Materi mengenai nontes dan  tes akan dibicarakan pada bagian berikut ini:
1.Teknik Nontes dalam Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia
Instrumen  nontes dapat berupa (1) portofolio, (2) lembar observasi, dan 3)  wawancara. Adapun jenis tagihan yang berupa nontes di antaranya berupa  tugas- tugas yang dilakukan di luar jam pembelajaran dapat berupa tugas  rumah (PR) dan tugas-tugas lain seperti membuat, menulis, melaporkan,  menganalisis sesuatu yang membutuhkan waktu yang relatif lama, baik  secara individual maupun kelompok. Di samping itu, jenis tagihan dapat  juga berupa portofolio, yaitu suatu prestasi yang diperoleh siswa pada  suatu kurun tertentu.
a.Portofolio
Instrumen ini sengaja  dibahas karena dalam KBK dan penilaian berbasis kelas, portofolio  merupakan salah satu bentuk penilaian. Portofolio adalah kumpulan  pekerjaan siswa. Penilaian portofolio pada dasarnya adalah - penilaian  terhadap karya-karya siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, sernua  tugas penulisan yang dikerjakan siswa delam jangka waktu tertentu,  misalnya satu semester dikumpulkan, kemudian dilakukan penilaian. Jadi,  portofolio itu dapat berupa portofolio produk, portofolio proses, dan  portoflio dokumen.
b.Instrumen Observasi
Instrumen observasi  digunakan untuk mengamati performansi berbahasa siswa. Keterampilan  berbahasa (menyimak, berbicara, menulis, dan membaca) dapat menggunakan  bentuk instrumen ini.
c,Teknik Wawancara
Teknik wawancara pada  suatu segi mempunyai kesamaan arti dengan tes lisan yang telah  diuraikan terdahulu. Teknik wawancara ini diperlukan guru untuk tujuan  mengungkapkan atau mengejar lebih lanjut tentang hal-hal yang dirasa  guru kurang jelas informasinya. Teknik wawancara ini dapat pula  digunakan sebagai alat untuk menelusuri kesukaran yang dialami siswa  tanpa ada maksud untuk menilai Saudara, walaupun pada kenyataannya guru  jarang menggunakan teknik nontates, tetapi alangkah baiknya Saudara  mencoba merancang teknik ini untuk penilaian pembelajaran bahasa.
2.TeknikTes dalam Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia
Tes  adalah suatu cara atau sarana untuk mengukur hasil belajar. Melalui tes  kita dapat mengukur prestasi siswa. Jenis tagihan yang berupa tes  antara lain berupa pertanyaan Iisan di kelas, kuis, ulangan harian, tes  formatif/ujian blok, tes sumatif/ujian semester, tugas individual, dan  tugas kelompok yang dikerjakan di luar jam pembelajaran. Pertanyaan  lisan di kelas dan ulangan harian dapat berwujud pertanyaan-pertanyaan  yang menjadi bagian proses pembelajaran, baik yang ditujukan kepada  individu• maupun kelompok, atau ulangan/latihan setelah berakhirnya  suatu materi pembelajaran tertentu dalam waktu yang relatif pendek. 
Pemilihan  jenis ujian bergantung pada kompetensi dasar, indikator, materi pokok  pembelajaran, dan pengalaman belajar yang akan diuji. !ndikator yang  meminta siswa melakukan kegiatan berbahasa secara langsung atau lisan,  yaitu:. menyimak. membaca bersuara, dan berbicara, lebih tepat diuji  melalui perintah di kelas dan ulangan harian dengan tes performansi.  Adapun indikator yang menuntut kemampuan berpikir, yang dapat diuji  melalui ujian tertulis tepat dilakukan dengan ujian formatif dan  sumatif. indikator yang meminta siswa melaksanakan kegiatan berbahasa  tulis yang membutuhkan waktu banyak, misalnya mengarang, membuat  sinopsis cerpen, membuat laporan kegiatan, dan lain-lain tepat diujikan  dalam bentuk pemberian tugas yang dikerjakan di luar kelas, baik secara  individual maupun kelompok. 
Secara garis besar bentuk tes atau soal  ujian Bahasa Indonesia dapat dibedakan ke dalam tiga bentuk, yaitu (1)  tes objektif, (2) tes nonobjektif (esai), dan (3) tes perbuatan. Tes  bentuk objektif mengacu pada pengertian bahwa jawaban siswa diperiksa  oleh siapa pun dan kapan pun akan menghasilkan skor yang kurang Iebih  sama karena tes objektif hanya memiliki satu alternatif jawaban yang  betul.
Jenis tes objektif yang banyak dipergunakan orang adalah tes  jawaban benar-salah (true-false), pilihan ganda (multiple choise), isian  (completion), dan penjodohan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar